Selasa, 16 Agustus 2011

Selamat datang di Fantasy Fiesta, Mari berpesta!!

Judul :  FANTASY FIESTA 2010: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2010
Penyunting : Lutfi Jayadi
ISBN : 978-979-19991-4-4
Tebal : 280 halaman
Penerbit : Adhika Pustaka
Cetakan : I, Desember 2010




EMANG PENULIS INDONESIA BISA BIKIN CERITA FANTASI?

Dulu pikiran itu selalu muncul di benak saya setiap kali melihat buku fantasi dalam negeri. Hal itu diperparah ketika saya menggoogle suatu buku fantasi lokal, ternyata penulis buku itu memakai nama kebarat-baratan dan banyak celaan dari pembaca. Hal ini jelas membuat saya malas membaca buku fantasi lokal. Suatu kali saya berkenalan dengan salah seorang penulis fantasi lokal, Bonmedo Tambunan aka Boni yang membuat saya penasaran dengan bukunya, tapi sekali lagi saya belum berkesempatan untuk membeli dan membaca buku itu (maaf bon =P). Akhirnya setelah perjuangan di Gramedia GI,dan "bujuk rayu" teman-teman saya akhirnya saya membeli buku ini.

Buku ini adalah kumpulan cerita fantasi dari peserta lomba Fantasy Fiesta yang diadakan Adhika Pustaka, terdapat 15 cerpen terbaik dari peserta tahun 2010 ditambah 2 cerpen pemenang peserta tahun 2009 dan 3 cerpen dari juri. Cerpen yang disajikan sangat beragam, mulai dari cerita "ringan" seperti Moka Si Mobil Jelaga yang mengingatkan saya akan cerpen di majalah Bobo sampai cerita yang "absurd" seperti ... ehm tebak sendiri aja =D.

Favorit saya ? Candu Aksara. Saya seakan ditarik menjadi tokoh utama yang "gila" makan buku, saya juga turut merasakan kegurihan, kerenyahan dan testur dari buku. Slurrpsss. hehehe. Ada pula Drama Terhebat yang Pernah Ada, membuat saya berandai-andai membayangkan Apollo menjadi penulis skenario sinetron di Indonesia, tentu dunia persinetronan kita akan membaik kan? =D. Atau Dewa Laut Istana Camar yang membuat saya geregetan karena cerita yang sangat seru tapi juga sangat pendek, cerita itu harus dibuat novel nya!!

Desain Covernya pun memikat, dengan macam-macam monster di dalam covernya, tapi sayang, background warna Fantasy Fiesta ini menurut saya tidak cocok dengan judul bukunya, alangkah lebih bagus jika background warna cover berwarna lebih cerah, bukankah tagline dari Fantasi Fiesta ini adalah "Mari Berpesta"?? Selain itu saya menemukan beberapa ketidakkonsistenan kata dalam cerpen Dewa Laut Istana Camar, di satu halaman pancake, tiba-tiba di halaman selanjutnya menjadi panekuk kemudian kembali menjadi pancake, itu membuat saya jadi bingung walaupun artinya sama. Secara keseluruhan, sikap skeptis saya mulai perlahan-lahan hilang sejak membaca buku ini. Sepertinya saya mulai menyukai beberapa penulis-penulis ini, bahkan saya sudah menandai beberapa nama yang pasti akan saya buru karya selanjutnya.  Saya memvote 4 bintang untuk buku ini, bagaimana dengan kalian?

PS : Ada cerita lucu ketika saya mencari buku ini, saya udah cari kemana-mana tapi tetap tak menemukan fantasy fiesta ini, even karyawan gramed yang bertugas tak tahu buku tersebut. Tiba-tiba saya bertemu dengan Boni yang dengan senang hati menunjukkan tempat buku ini plus berkenalan dengan RD Villiam, sang penulis Akkadia, senangnya =D

1 komentar:

  1. kunjungi juga web kami www.rajaplastikindonesia.com

    CP 021 2287 7764 / 0838 9838 6891 (wa) / 0852 8774 4779 pin bbm 5CFD83E7

    BalasHapus